Solusi Keterangan Barang Sudah Sampai, Tapi Saya Tidak Merasa Menerima Saat Belanja di Tokopedia
Logo Tokopedia |
1. Cek Status Pengiriman
Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah cek terlebih dahulu status pengiriman barang yang dipesan. Pada marketplace Tokopedia, terdapat fitur dimana kamu bisa langsung otomatis melacak pesanan kamu tanpa harus cek resinya terlebih dahulu. Nah, dengan fitur ini, kamu akan semakin dimudahkan untuk mengetahui keberadaan secara rinci lokasi pesanan kamu. Penjelasan lebih lanjut dapat kamu cek pada artikel Cara Melacak Status Pengiriman Pesanan Saya pada Tokopedia.Gunakan fitur ini dengan sebaik mungkin. Cek pada status pengiriman dimana produk kamu terakhir sampai sebelum akhirnya bertuliskanPaket Telah Diterima.
2. Hubungi Jasa Pengiriman Terkait
Setelah kamu mengecek lokasi pesanan kamu pada Status Pengiriman, solusi yang kedua adalah kamu bisa menghubungicontact person dari Jasa Pengirimannya.
Contohnya perkara contohnya ini.
A yg berdomisili dalam Kota Bandung Kecamatan Babakan Ciparay memesan barang menurut Jakarta. A melakukan jasa pengiriman melalui JNE. Di status pengirimannya tertulis bahwa pesanan A sudah hingga namun A belum menerima pesanan tersebut. Kemudian, A mengecek dimana lokasi terakhir pesanan tadi berada. Ternyata, pesanan tadi berada di JNE Babakan Ciparay.
Apa yg harus A lakukan?
A bisa menghubungicontact person dari JNE Babakan Ciparay nya. Jika tidak ada jawaban, A bisa langsung mengunjungi cabang JNE Babakan Ciparay tersebut. Ternyata, produk pesanan A ada di JNE Babakan Ciparay. Yang harus A lakukan hanyalah mengambil pesanan tersebut dan mengkonfirmasi kepada petugas JNE. Maka, produk yang dipesan A pun berhasil berada di tangan A.
Tiga. Tanyakan pada Orang Rumah
Jika engkau sudah pergi ke jasa pengiriman terkait tetapi ternyata barang pesananmu tidak terdapat pada sana, kamu bisa coba tanya ke orang rumah (ayah, bunda, adik atau saudara tertua) siapa tau barang pesananmu sebetulnya telah diterima oleh mereka namun mereka lupa buat memberi tau kamu .
Selain menurut hal-hal diatas, ada poin-poin yang pula perlu kamu jangan lupa sebagai langkah pencegahan agar kamu nir mengalami hambatan ini buat yang ke dua kalinya.
Hal yang perlu kamu ingat :
Pastikan bahwa penjual benar-benar sudah mengirim barangnya kepada kamu.
Perlu kamu tau, bahwa proses pengiriman barang sudah bukan lagi menjadi tanggung jawab penjual. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tugas jasa pengiriman. Jadi, kalaupun kamu mau komplain ke penjual, sesungguhnya itu bukan salah si penjual. Kerena toh penjual sudah mengemas barang dan mengirimnya melalui jasa pengiriman.
Pastikan penjual terpercaya.
Walaupun pengiriman barang sudah bukan lagi sepenuhnya tanggung jawab penjual, namun perlu diingat bahwa kamu juga wajib mencari tau terlebih dahulu sebelum membeli apakah penjual yang bersangkutan memang terpercaya atau tidak. Penjelasan lebih lanjut bisa kamu cek pada artikelCara Menghindari Penipuan di Tokopedia.
Jika semua penjelasan di atas masih belum menyelesaikan masalah kamu, kamu bisa mencoba untuk mengajukan pertanyaan atau komplainmu dengan menghubungi Costumer Service dari Tokopedia. Untuk penjelasan lebih lanjut kamu bisa cek pada artikel Cara Komplain di Tokopedia danCara Menghubungi Costumer Service Tokopedia.
Semoga artikel ini membantu menyelesaikan perkara engkau , ya. Sampai jumpa lagi dalam artikel-artikel lainnya!
Comments
Post a Comment