Alasan Tidak Bisa Double Resi Saat Dropship di Tokopedia Mei 2019

Belakangan ini banyak yg penasaran kenapa tidak mampu menginput nomor resi yang sama saat dropship dalam Tokopedia.
Dengan menjamurnya bisnis dropship pada Indonesia khususnya pada marketplace Tokopedia, makin poly pula orang-orang yang nir bertanggung jawab memanfaatkan sistem dropship ini buat melakukan penipuan kepada para pembeli dalam Tokopedia apalgi memakai memakai aplikasi aplikasi bot dropship, sang karena itu pihak Tokopedia mengganti kebijakan tentang dropship sebagai upaya buat menutup celah di sistem Tokopedia agar nir terjadi praktik penipuan pihak-pihak yang nir bertanggung jawab.
Pada tanggal 5 November 2018 secara resmi Tokopedia melarang seluruh pengguna Tokopedia untuk melakukan Internal Droshipping dimana seorang penjual di Tokopedia membeli produk dari sesama penjual di Tokopedia kemudian menjualnya kembali kepada pembeli atau customer di Tokopedia dan pelaku Internal Dropshipping di sebut dengan Internal Dropshipper. Nah, karena ada larangan tersebut akibatnya 1 nomor resi hanya dapat diipunt 1x saja oleh penjual di Tokopedia sehingga penjual lain di Tokopedia tidak bisa menginputnya lagi.
Jika ada penjual yang menginput no resi yang sama di Tokopedia maka system Tokopedia akan meberikan keterangan bahwa " Tokopedia tidak memperbolehkan internal dropshipper. Dropshipping hanya bisa dilakukan ke pembeli di luar Tokopedia atau dari penjual di luar Tokopedia. " Kemudia jika terdapat transaksi yang terindikasi sebagai dropshipper internal, maka dana yang sudah ditransferkan pembeli akan dikembalikan lagi ke pembeli dan kerugian akan sepenuhnya ditanggung oleh Internal Dropshipper.
Meskipun begitu, bagi kamu seorang Dropshipper tidak usah khawatir karena tidak bisa menjalankan bisnis kamu di Tokopedia kamu masih tetap bisa melanjutkan bisnis dropship kamu karena Tokopedia masih memperbolehkan para penggunanya untuk melakukan External Dropshipping yaitu transaksi dimana para pembeli di Tokopedia membeli produk dari penjual di Tokopedia dan menjual nya lagi ke pembeli lain di luar Tokopedia seperti menjualnya kembali di Shopee, BukaLapak dll, selain itu bisa juga penjual di Tokopedia membeli produk dari penjual yang berjualan di luar Tokopedia misalnya membeli produk dari penjual di Shopee atau marketplace lainnya kemudian menjualnya kembali di Tokopedia dan pelakunya di sebut External Dropshipper.
Nah, kurang lebih seperti itulah alasan kenapa tidak bisa double resi atau alasan tidak bisa menginput resi yang sama saat dropship di Tokopedia. Semoga bermanfaat dan semoga tetap sukses.




Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatur PIN Transaksi Tokopedia

Cara Cek Status Pemesanan di Tokopedia